--> Bahaya mengerikan spons cuci piring bagi kesehatanmu | Informasi Viral Bermanfaat

Friday, August 4, 2017

Bahaya mengerikan spons cuci piring bagi kesehatanmu

| Friday, August 4, 2017

Bahaya mengerikan spons cuci piring bagi kesehatanmu

Ilustrasi cuci piring. MedPage Today

Apa yang kamu gunakan untuk mencuci piring atau alat makan selain sabun pencuci piring? Tentu saja jawabannya adalah spons. 

Setelah memakai spons pencuci piring, maka kamu pun segera mencucinya untuk menghilangkan partikel makanan yang tertinggal di dalamnya bukan? Well, ternyata kebiasaan baik ini tidaklah cukup. Sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari boldsky.com mengatakan bahwa pemakaian spons pencuci piring yang kurang bersih bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang bisa merusak kesehatan dan membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Lalu, apa yang membuat spons menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak? Jawabannya adalah karena spons memiliki tekstur berlubang dan menyerap air dengan baik sehingga bakteri akan dengan mudahnya bersembunyi dan berkembang di dalamnya. 

Penelitian menemukan bahwa paparan bakteri pada tubuh bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kolera, tifoid, hingga keracunan makanan.

"Jika selama ini kamu berpikir bahwa mencuci spons dengan air hangat sudah cukup untuk mematikan bakteri yang tersembunyi, maka hal ini tidaklah cukup. Cara terbaik adalah dengan mengganti spons setidaknya sekali dalam seminggu. Jika lebih dari itu, segera buang dan ganti dengan yang baru."










Sumber : merdeka.com

https://www.merdeka.com/sehat/bahaya-mengerikan-spons-cuci-piring-bagi-kesehatanmu.html

Related Posts

No comments:

Post a Comment