Sunday, November 5, 2017

10 Cara Ampuh Menenangkan Diri Sendiri

Biasanya kelelahan dalam hidup dialami oleh generasi muda berusia 20-30 tahun. Fase ini secara psikologis disebut sebagai 'quarter life crisis'.

Ada masa dimana orang merasa payah dalam hidupnya. Biasanya kelelahan dalam hidup dialami oleh generasi muda berusia 20-30 tahun. Fase ini secara psikologis disebut sebagai 'quarter life crisis'. Jika tidak bisa bertahan pada fase ini, seseorang bisa putus asa hingga depresi.

Mengutip dari Theguardian, Kamis (5/10), sekitar 86% dari 1.100 orang menyatakan merasa depresi di usia menuju 30 tahun. Nah depresi tersebut bisa karena kesibukan yang semakin padat dan juga resah akan pilihan hidup.

Jika orang tidak bisa mengatasi 'quarter life crisis', akibatnya akan kehilangan semangat hidup. Maka dari itu perlu upaya untuk menenangkan diri sendiri. Yuk simak 10 caranya di bawah ini.

1. Makan apapun yang kamu inginkan.

Jika sudah merasa lelah, coba manjakan dirimu dengan makanan. Ingat-ingat lagi makanan apa yang paling kamu sukai. Nah langsung beli aja, jangan tunda-tunda sampai stres memuncak. Konon makanan dapat meredakan amarah.

2. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.

Setiap orang memiliki karakter bawaan dan ciri khas sendiri. Cara seseorang untuk bersinar juga berbeda. Jika kamu tidak bisa mencapai apa yang orang lain capai, jangan bersedih. Kamu sudah sempurna dengan caramu.

3. Bercermin dan semangati diri sendiri.

Melalui cermin kamu dapat melihat seluruh tubuh dan juga rona wajahmu. Tersenyumlah di depan cermin sehingga bayanganmu seolah ikut tersenyum kepadamu.

Amati segala yang kamu dapatkan saat ini dan syukuri bahwa kamu bisa sehebat sosok yang di cermin itu. Cara sederhana ini bisa membangkitkan semangat lho.

4. Membaca buku.

Melalui buku, kita dapat membuka pikiran tentang perpektif yang berbeda. Hal ini berguna untuk mengalihkan perhatian sejenak dari kehidupan yang kacau. Melalui buku, kamu dapat berimajinasi sehingga membebaskan beban pikiran yang diderita selama ini.

5. Habiskan waktu dengan orang-orang yang menyenangkan.

Stimulus emosi dari orang-orang tercinta dapat meningkatkan semangat. Hal ini karena kita merasa disayangi dan juga ada seseorang yang mendampingi dalam keadaan apapun. Maka dari itu jika merasa stres, segera datangi orang-orang tercinta.

6. Jangan stres dengan apa yang tidak bisa kamu ubah.

Untuk merubah sesuatu butuh proses dan kesabaran. Itu pun tidak selalu berhasil. Apabila kamu sudah berusaha dalam kerjaan dan hasilnya tidak sesuai, tidak masalah. Terima hasilnya dan belajar dari kesalahan. Siapkan rencana dan harapan baru.

7. Habiskan waktu bersama diri sendiri.

Hampir setiap hari kamu berjumpa dengan banyak orang dan melakukan kegiatan bersama. Di tengah kesibukan itu, terkadang kamu lupa untuk memanjakan diri sediri.

Nah coba deh agak menarik diri dari kesibukan dan rawatlah dirimu. Misalnya dengan melakukan spa, berendam dan lain sebagainya. Pastikan kegiatan itu eksklusif, hanya untuk diri sendiri ya.

8. Lakukan kegiatan sesuai passionmu.

Jika saat ini kamu masih mengeluh dengan kesibukanmu, coba ingat-ingat lagi. Apakah kesibukanmu saat ini ialah yang kamu harapkan dan sesuai pasionmu?

Jika tidak maka segera akhiri saja kesibukan itu. Menjadi bahagia itu gampang. Temukan kesibukan sesuai passionmu dan lakukan dengan bahagia.

9. Lakukan hal-hal yang menantang.

Coba cek jadwal liburan, dan atur agenda untuk melakukan hal-hal menantang. Misalnya mencoba naik gunung, berselancar, atau ke taman wisata dan naik wahana yang menantang. Hal itu dapat meningkatkan adrenalin, sehingga segala emosi keluar. Nggak ada beban terpendam deh.

10. Jujur.

Jika kamu tipe orang yang kerap memendam perasaan, mulai sekarang ubahlah kebiasan itu. Beranikan diri untuk mengatakan apapun yang kamu rasakan. Siapa tahu ada jalan keluar dari keresahanmu itu.

Tidak masalah orang berkata apa, yang penting kamu sudah mencoba jujur minimal pada diri sendiri. Diam dengan berjuta gelisah bukan menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah lho.




















Sumber : brilio.net

https://www.brilio.net/kepribadian/10-cara-ampuh-menenangkan-diri-sendiri-generasi-galau-wajib-coba-171005p.html

Wednesday, September 27, 2017

Kelihatannya sepele, tapi 10 makanan ini bisa bikin rambut tetap sehat

Ternyata jarang diketahui banyak orang.



Rambut rontok mungkin bisa dibilang jadi masalah paling krusial di era modern ini, khususnya untuk para kaum hawa. Penyebabnya pun ternyata bermacam-macam. Salah satu 'biang keroknya' adalah mengonsumsi junk food berlebih, alkohol dan juga kerap terkena asap rokok maupun kendaraan bermotor.

Tapi sebagai manusia yang dinamis di era sekarang, tentu kamu harus bisa selalu mengantisipasi kerontokan rambut yang selalu bikin sebel ini. Kamu harus tahu kalau ada 10 makanan tapi menakjubkan khasiatnya untuk kesehatan rambutmu. Pasti kamu belum tahu, kan?

Langsung saja simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir dari list amaze, 

1. Cabai hijau.

Cabai Hijau kaya akan vitamin E dan keratin merupakan mineral menakjubkan untuk pertumbuhan rambut. Cabai jenis ini dipercaya dapat membantu mekanisme perbaikan jaringan di dalam tubuh serta memperbaiki folikel rambut.

2. Kenari.

Kenari merupakan faktor terbaik untuk pertumbuhan rambut karena mengandung asam lemak omega-3. Kenari dipercaya bisa menyehatkan rambut dengan zat berminyaknya dan bisa mengurangi banyak kerusakan pada sel rambut.

3. Salmon.

Salmon adalah makanan yang menakjubkan untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat. Penyebab utamanya karena salmon ternyata mengandung asam lemak omega-3, vitamin B, dan B12 yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Mineral yang tersedia dalam salmon juga bisa membantu mencegah rambut cepat kering. 

4. Bit.

Bit kaya akan mangan, asam folat, vitamin A, C dan K, yang dapat membantu produksi sel darah merah secara teratur. Buah kecil ini juga mengandung antioksidan, seperti karotenoid dan lycopene yang dapat mensimulasikan pertumbuhan rambut dan kadar oksigen dalam darah. 

5. Bawang merah.

Sebagian besar dari kamu pasti tidak menyadari kalau bawang merah ternyata mampu menanggulangi masalah kerontokan rambut. Penyebabnya karena bawang merah mengandung zat besi, seng dan biotin, yang merupakan tonik kuat untuk pertumbuhan rambut. 

Pemutihan rambut secara prematur juga bisa diobati dengan mengoleskan jus bawang merah ke kulit kepala, atau dengan mengonsumsi lebih banyak bawang setiap hari. 

6. Ubi jalar.

Ubi jalar atau kentang manis ini merupakan makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, K dan B6. Selain itu ubi jalar juga punya kandungan kalsium, besi dan magnesium untuk memudahkan pertumbuhan rambut dengan lebih baik. 

Ubi jalar dipercaya dapat menambahkan kilau pada rambut dan mengeluarkan minyak dalam jumlah yang tepat agar kadar air sampai tingkat yang diharapkan. Lebih dahsyatnya lagi, ubi jalar ternyata juga mengandung jumlah beta karoten yang layak untuk membantu memperbaiki sel rambut yang telah rusak.

7. Daun salam.

Daun salam ini sering digunakan hampir di semua hidangan makanan India Selatan untuk meningkatkan kelezatan. Selain rasanya enak, tapi daun salam juga jadi faktor utama pertumbuhan rambut yang sehat.

Daun ini mengandung konsentrasi keratin tinggi yang bisa membantu sekresi melanin lebih banyak - pigmen pada folikel untuk membuat rambut lebih gelap dan kuat. 

8. Wortel.

Kalau kamu mengira wortel cuma bisa menyehatkan mata, kamu keliru. Gizi yang ada di dalam wortel ini ternyata bisa juga untuk memperbaiki ketebalan rambut dan mengurangi kerontokan.

Wortel mengandung proporsi Vitamin A dan Biotin yang kaya yang bisa membantu meningkatkan tekstur rambut. Wortel sangat 'sakti' membantu menjaga kulit kepala dan memperbaiki sekresi minyaknya secara alami. 

9. Bawang putih.

Bawang putih mengandung jumlah sulfur tinggi yang membantu pertumbuhan rambut. Minyak yang ada di dalam bawang putih juga menyehatkan kulit kepala dan membantu perbaikan drastis pada kualitas dan pertumbuhan rambut. 

10. Bayam.

Bayam adalah makanan bergizi hijau yang bisa dikonsumsi untuk pertumbuhan rambut yang lebih baik. Periset telah membuktikan bahwa daun bayam mempunyai Vitamin B, C, E, serta Omega 3, kalsium dan zat besi. Semua kandungan 'sakti' bayam ini sangat cukup memadai untuk memperkaya folikel rambut.







Sumber : brilio.net

https://www.brilio.net/kesehatan/kelihatannya-sepele-tapi-10-makanan-ini-bisa-bikin-rambut-tetap-sehat-1707224.html

6 Bahan makanan sederhana ini bisa untuk atasi migrain, simpel lho

Mudah ditemui di dapur.


Migrain kerap kali datang secara tiba-tiba menyerang banyak orang. Serangan ini bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Namun ini tentu tidak baik dalam jangka panjang, karena memberikan efek samping.
Nah ada beberapa bumbu-bumbu yang mudah ditemui di dapur yang bisa mengatasi atau bahkan mencegah sakit kepala ini. Lebih dianjurkan mengonsumsinya secara rutin agar terhindar dari migrain. Berikut beberapa bahan makanan tersebut seperti dikutip dari International Business Times.
1. Jahe

Kamu bisa membuatnya menjadi wedang. Bisa dicampur dengan yang lain seperti teh atau lemon. Jahe dapat memberikan rasa hangat di badan serta rasa lega dari rasa mual yang biasanya menyertai sakit kepala. Jahe memiliki kemampuan memblokir prostaglandin yaitu neurotransmitter yang memainkan peran penting dalam peradangan.
2. Kopi

Kafein yang dikandung kopi berperan membantu menghilangkan sengatan migrain. Tapi kopi tidak bekerja pada pecandu kafein.
3. Telur

Telur menyediakan vitamin B yang mengaktifkan beta-blockers yaitu zat pencegah migrain. Telur bisa ditambahkan menjadi menu tambahan.
4. Bayam

Sayuran ini mengandung magnesium yang mampu meredakan migrain. Sertakan sayuran berdaun hijau ini dalam makananmu karena mengandung banyak magnesium.
5. Anggur

Dianjurkan konsumsi dua gelas jus anggur setiap hari agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan volume darah turun dan mengurangi jumlah oksigen di otak. Ini dapat memicu migrain. Nah, jus segar bisa membantu meringankan rasa sakit kepala itu.
6. Semangka

Sama dengan anggur, semangka juga mampu membantu mengurangi rasa sakit kepala. Kamu bisa mengonsumsi buah secara langsung atau membuatnya menjadi segelas jus atau smoothie.



Sumber : brilio.net
https://www.brilio.net/kesehatan/6-bahan-makanan-sederhana-ini-bisa-untuk-atasi-migrain-simpel-lho-170926o.html

Nggak puas dengan fisik sendiri? Bisa jadi kamu alami penyakit ini

Fisik adalah pemberian.

Fisik adalah pemberian. Bagaimanapun bentuknya patut disyukuri. Toh kita dinilai bukan dari fisik, melainkan hal-hal yang sifatnya bisa dikendalikan seperti kepribadian, kapabilitas terhadap bidang tertentu, dan lain sebagainya.
Banyak orang yang merasa tidak puas dengan keadaan fisik dirinya sendiri. Ada yang mencoba menerima. Tapi ada pula yang pilih mencoba mengubahnya dengan operasi, bagi yang berduit. Tapi ada yang tak terima sampai depresi karena terlalu berlebihan memikirkannya. Obsesi berlebihan ini dinamakan Body Dysmorphic Disorder (BDD). Beberapa selebriti diketahui pernah mengalami ini, antara lain Micheal Jackson, Sylvia Plath, Franz Kafka, dan Ileana D'cruz.
Dikutip dari International business Times, BDD merupakan suatu kesibukan mengurusi cacat atau kekurangan dalam hal penampilan, yang dia rasa hanya terjadi pada dirinya sendiri. Akibatnya, seseorang yang menderita BDD cenderung mengubah penampilannya, seperti mengubah warna rambut, memakai make-up terlalu banyak, terus-menerus memeriksa penampilan di cermin, membandingkan penampilan fisik dirinya dengan yang lain, dan lain sebagainya.
Orang yang menderita BDD kerap meminta perhatian dan pengakuan. Para penderitanya akan terus-menerus mengkhawatirkan penampilan diri mereka yang kemudian menghambat pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.
Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti di atas bisa jadi mengidap BDD, tapi bisa jadi itu tidak ada kaitannya dengan gangguan tersebut. Cara paling dianjurkan adalah melakukan konsultasi medis kepada dokter. Dampak yang ditimbulkan BDD antara lain adalah gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan makan, dan hingga Obsesif Kompulsif Disorder.
BDD umumnya dialami mereka yang ada di usia akhir masa remaja (16-18 tahun). Namun, gejala BDD bisa menyerang mereka yang berusia lebih dini antara 12-14 tahun.
Penanganan BDD tidak bisa sekejap atau sembuh tiba-tiba. Butuh komitmen si pengidap dan bimbingan lingkungan sekitar untuk mengatasinya.



Sumber : brilio.net
https://www.brilio.net/kesehatan/nggak-puas-dengan-fisik-sendiri-bisa-jadi-kamu-alami-penyakit-ini-170927b.html

Suka dipijat bagian leher? Fakta ngeri di baliknya bikin merinding

Kamu pasti berpikir dua kali untuk melakukannya lagi.


Pijat di area kepala dan leher terasa sangat nyaman. Biasanya dipraktikkan di salon-salon usai potong rambut. Meskipun memberikan efek rileks namun ada kemungkinan memberi dampak kerusakan pada persendian di leher.
Seperti dikutip dari ibtimes.co.in, Rabu (20/9), Ajay Kumar (54) mengalami sesak napas setelah mendapatkan pijatan leher di salon. Para pegawai salon memijat dengan memegang dagu dan memiringkan leher tajam ke kiri dan kemudian ke kanan. Hal ini menyebabkan retak leher.
Anand Jaiswal, dokter yang menangani mengungkapkan bahwa diafragma Kumar lumpuh dan kemungkinan memerlukan alat bantu ventilator sepanjang hidupnya karena saraf jarang mengalami regenerasi secara spontan. Retak leher ini merusak saraf frenikalnya yang mengendalikan diafragma berperan dalam pernapasan.
Ada pula pria asal Bangalore bernama Babu Reddy menderita stroke setelah mendapatkan pijatan di salon. Pria berusia 40 tahun itu mengaku merasa tidak nyaman, pusing dan tidak bisa berjalan dengan mantap ketika perjalanan pulang. Akibatnya, Babu harus menjalani perawatan berupa penyisipan tabung endotrakea. Dia perlu dimasukkan ke ventilator untuk dilakukan MRI scan.
"Beruntung diagnosis dan pengobatannya tepat waktu, sebab jika terlambat maka kondisinya bisa menyebabkan cacat permanen atau bahkan kematian," kata Mahesh Sambasivam yang menanganinya.
"Pijatan leher dan retak leher yang dilakukan tukang cukur setelah pemotongan rambut dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada sendi leher dan jaringan di sekitarnya, otot atau saraf atau bahkan menyebabkan kelumpuhan diafragma bilateral seperti dalam kasus ini," kata Anand Jaiswal yang merupakan direktur obat pernafasan dan tidur di Medanta Hospital New Delhi.


Sumber : brilio.net
https://www.brilio.net/kesehatan/suka-dipijat-bagian-leher-fakta-ngeri-di-baliknya-bikin-merinding-170920d.html

Friday, September 22, 2017

10 Langkah kecil yang berdampak besar bagi kehidupanmu

Meski terkesan sepele, manfaatnya luar biasa.

Kita kerap tak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan ternyata bisa memberikan pengaruh besar bagi kehidupan. Terkadang kita menyepelekan hal tersebut karena berbagai alasan. Padahal bermula dari langkah kecil inilah, kita bisa merasakan dampak yang besar bagi kehidupan.
Nah, memangnya hal kecil apa sih yang ternyata punya efek yang wow bagi kehidupanmu maupun sekelilingmu? Ini nih 10 langkah tersebut, sebagaimana telah dihimpun dari berbagai sumber
1. Sering-sering telepon orang-orang terkasih.

Semua orang memiliki kesibukan masing-masing. Kesibukan yang sudah menjadi rutinitas ini pun kerap kali membuat kita lupa berinteraksi dengan orang tersayang, seperti orangtua. Kita pun jarang menyempatkan waktu untuk menghubungi atau menerima telepon dari mereka. Sekadar mengirim kabar pun lupa.
Coba deh kamu mulai mengubah kebiasaan lamamu dan mulai menghubungi orang terkasih via telepon. Meski tak bertatap muka, suara dan obrolan ringan yang sebentar ini bisa bikin perasaanmu lebih baik. Kamu pun nggak akan tertekan dengan rutinitas yang membelit. Justru menelepon orang ini bakal bikin kamu lebih bersemangat kembali menjalani aktivitasmu.
2. Jaga keseimbangan kerja dan hidupmu.

Tak sedikit dari kita yang bekerja lebih dari jam yang ditetapkan (overtime). Kamu pun sibuk dengan pekerjaanmu hingga lupa dengan kehidupan sosialmu. Mulai sekarang coba seimbangkan pekerjaan dan hidupmu.
Kamu bisa membuat batasan yang jelas antara bekerja dan istirahat. Misalnya, tinggalkan segala urusan kantor saat di rumah atau di luar kantor. Jangan pikirkan tanggung jawab atau beban kerja usai pulang kerja. Kamu juga butuh waktu untuk istirahat dan membuat dirimu nyaman dan damai.
3. Singkirkan benda-benda lama yang nggak lagi bisa kamu pakai.

Kamu termasuk orang yang suka sekadar membeli barang? Pasti isi lemari atau ruanganmu penuh dengan benda-benda tersebut. Tak heran apabila ruanganmu penuh dan sesak hingga berantakan.
Ada baiknya kamu mulai memilah dan memilih barang-barang tak terpakai di ruanganmu. Ternyata hal tersebut bisa mempengaruhi perasaanmu dalam menjalani hari. Suasana baru gitu, deh.
4. Luangkan waktu buat mengunjungi hal-hal favoritmu semasa kecil.

Masa kecil memang identik dengan masa penuh kepolosan. Kebahagiaan terlihat begitu sederhana dari sudut pandang anak-anak. Semasa kecil, kamu pasti punya kebiasaan yang membuatmu bahagia. Sementara seiring berjalannya waktu, kebiasaan itu mulai luntur karena tak memiliki waktu.
Coba deh, sekarang kamu luangkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkanmu saat kecil. Suasana nostalgia begitu kental kamu rasakan, secara nggak langsung kamu merefleksikan diri bahwa, “Aku dulu pernah sebahagia ini di sini. Sekarang aku kembali lagi melakukannya dan aku sangat bersyukur.”
5. Temukan hal-hal yang mengganggu suasana hatimu.

Suasana hatimu sedang kacau balau dan tak terkendali dengan segala situasi yang terjadi, pasti rasanya ingin menyelesaikan segala situasi rumit ini dengan seketika. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cari penyebab atau hal-hal yang mengganggu pikiranmu.
Kamu bisa membuat peta pemikiran atau jurnal yang menggambarkan alur permasalahanmu. Nggak harus beli buku atau agenda, kamu bisa membuatnya di smartphonemu,
6. Tulis surat untuk mengapresiasi orang yang kamu cintai.

Menulis surat memang terbilang aktivitas yang jarang dilakukan di era serba canggih ini. Namun demikian, nggak ada salahnya menulis surat untuk orang yang kamu cintai. Lewat tulisan tanganmu sendiri, kamu bisa mengekspresikan rasa syukur telah mengenal dan berhubungan dengan dirinya.
Orang yang mendapat suratmu akan merasa senang. Kamu yang nulis juga merasa lebih senang melihat respons penerima. Selain itu, ternyata menulis surat ini bisa membuat kesehatan mentalmu lebih baik, lho. Soalnya bisa menyalurkan segala ekspresimu di atas kertas.
7. Boleh kok nge-block maupun unfriend akun yang dirasa ganggu.

Kebanyakan dari kita nggak bisa lepas dari media sosial hingga bikin lupa waktu. Kamu lebih sibuk mengamati aktivitas di dunia maya. Lalu kamu membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain yang ada di media sosial.
Nah, dengan demikian, kebahagiaanmu seolah dikuasai oleh media sosial. Belum lagi kalau ternyata ada akun-akun resek yang nyampah. Jika sudah seperti ini, kamu berhak ngeblock atau unfriend akun yang dirasa sudah resek atau membawa pengaruh negatif. Atau kamu justru memutuskan off dari segala media sosial dalam jangka waktu tertentu, boleh banget! Tanpa menggunakan media sosial, kesehatan mentalmu lebih baik karena nggak memikirkan hal-hal fana dan negatif dari dunia maya.
8. Cari hiburan yang bisa membuatmu tertawa.

Bahagia itu sederhana’ jadi ungkapan yang kerap kita dengar. Hal tersebut benar adanya di era teknologi dan informasi yang serba canggih. Cuma lewat smartphone, kamu bisa menemukan hal-hal yang bisa membuatmu tertawa lepas. Ada beragam hiburan yang siap menemani harimu hingga bikin kamu tertawa terbahak-bahak.
9. Keluar dari rutinitas yang berdampak buruk.

Kita sering mengabaikan kesehatan. Rutinitas yang kamu jalani seolah menuntutmu untuk mengabaikannya. Misalnya kamu bangun siang, minum kopi, nggak sarapan, makan sembarangan, hingga kurang olahraga jadi aktivitas yang kamu lakukan secara berulang. Kamu paham hal tersebut nggak baik untuk jangka panjang tapi tetap saja kamu kerjakan.
Mau sampai kapan melakukan rutinitas yang berdampak buruk? Yuk, sama-sama mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut secara perlahan. Salah satu caranya adalah mencoba menjadikan mindset bahwa kesehatan prioritas atau aset masa depan.
10. Bangun persahabatan yang baik.

Memiliki lingkungan pertemanan yang kondusif dan positif mampu memengaruhi dirimu, lho. Seperti hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial, kita juga membutuhkan orang lain dalam kehidupan. Dengan menjalin pertemanan dan persahabatan dengan orang lain, kita bisa saling memberi dukungan hingga motivasi untuk menjalani hidup.
Sahabat adalah sosok yang selalu ada dalam suka maupun duka. Kalau kamu punya sahabat, rasa sedih yang kamu rasakan seolah tak berarti. Pasalnya, ada orang yang selalu memberimu kebahagiaan meski lewat hal sederhana.



Sumber : brilio.net
https://www.brilio.net/kepribadian/10-langkah-kecil-yang-berdampak-besar-bagi-kehidupanmu-170915v.html

Thursday, September 21, 2017

Rutin lakukan 7 cara simpel ini, kulitmu makin cerah dalam seminggu

Kulit yang cerah jadi idaman banyak orang.

Punya wajah cerah dan bersinar tentunya jadi dambaan semua orang, kan? Selain karena sehat, tanpa menggunakan makeup tebal pun kalau wajah kamu sehat dan cerah tentunya sudah menunjang penampilanmu.
Nah, rupanya ada lho cara simpel bikin kulit kamu makin cerah dalam waktu singkat. Beberapa cara ini bahkan sering diabaikan karena kelihatan sepele. Penasaran apa saja? Intip yuk ulasannya berikut ini yang dirangkum dari thefitindian.com
1. Banyak makan serat.

Bukan cuma mengatasi sembelit saja, lho. Serat rupanya juga berfungsi untuk menutrisi kulitmu. Karena masalah pencernaan rupanya bisa mempengaruhi kesehatan kulitmu. Yakni dengan cara micronutrient dari makanan yang diserap di saluran pencernaan nantinya juga akan diedarkan ke jaringan kulitmu.
2. Sering minum air putih.

Jangan abaikan, meski kelihatan sepele, sering minum air rupanya juga mempengaruhi kulitmu. Percaya atau tidak 15% kulit kita terdiri dari air.
3. Rawat kulit dengan rajin menggunakan moisturizer.

Menggunakan moisturizer juga penting untuk menjaga kelembaban kulitmu. Selain mencegah yang namanya penuaan dini, kalau kulit kamu lembab, akan mudah untuk dicerahkan dari dalam, dengan cara yang alami.
4. Rajin lakukan exfoliating di rumah.

Mengangkat sel kulit mati di kulit atau yang sering disebut dengan exfoliating juga tak kalah penting, lho. Sel kulit mati akan menutupi jaringan alami kulitmu sehingga terlihat kusam. Nah, dengan rajin melakukan exfoliating di rumah, bisa membantu mencerahklan kulitmu.
5. Bersihkan makeup sebelum tidur.

Selain menyebabkan jerawat karena bakteri yang tertinggal akibat makeup yang maish menempel di kulit, membersihkan riasan sebelum tidur juga membantu mencerahkan kulit secara alami. Kalu kulit wajah bersih, jaringan sehat yang ada di lapisan kulit dapat berkembang dengan baik.
6. Jangan lupa pakai toner.

Toner selain membantu membersihkan sisa-sisa kulit di wajah, juga membantu menyeimbangkan pH kulit wajah.
7. Hindari stres.

Nah, ini juga salah stau faktor utama nih. Hindari stress yang berkepanjangan karena akan membuatmu mengalami banyak masalah kulit. Tenangkan pikiran dan rajin merelaksasikan diri menjadi kunci utama kamu terhindari stres yang nggak penting.




Sumber :

https://brilistyle.brilio.net/beauty/rutin-lakukan-7-cara-simpel-ini-kulitmu-makin-cerah-dalam-seminggu-170921x.html

10 Cara Ampuh Menenangkan Diri Sendiri

Biasanya kelelahan dalam hidup dialami oleh generasi muda berusia 20-30 tahun. Fase ini secara psikologis disebut sebagai 'quarter life...