Friday, August 4, 2017

Jerawat saat haid? Ini cara ampuh untuk mencegah & mengatasinya

Jerawat saat haid? Ini cara ampuh untuk mencegah & mengatasinya

Ilustrasi jerawat hormonal. © Shutterstock
Banyak perempuan bermasalah dengan kulit yang lebih mudah berjerawat saat haid. Biasanya muncul satu atau dua bercak kemerahan matang di sekitar mulut atau dagu. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi masalah kecantikan ini?

Menurut dokter kulit dan direktur medis di Eudelo, Dr. Stefanie Williams kepada The Telegraph, jerawat saat haid disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. "Akibatnya sebelum atau selama menstruasi, wanita sering mengamati jerawat dan beruntusan yang disebabkan oleh perubahan tingkat dan rasio hormon seks di tubuh kita."

"Masalah kulit hormonal cenderung muncul di dagu dan rahang sekitar waktu yang sama setiap bulan," jelas Dr. Nyla, dokter dermatologi kosmetik dan direktur klinis Wilmslow Medispa.

- Cara mencegah jerawat hormonal
Risiko terbentuknya jerawat hormonal bisa diminimalkan dengan perawatan kulit yang baik. Perawatan yang dimaksud adalah menjaga kebersihan kulit agar tidak terjadi penumpukan minyak dan kotoran yang bisa mengundang pertumbuhan bakteri. Menjaga keseimbangan kelembapan kulit juga penting untuk mencegah produksi sebum berlebih. Sebab kulit yang terlalu kering justru akan memicu kelenjar untuk memproduksi minyak di pori-pori.

Gaya hidup juga dapat mempengaruhi kondisi kulit. "Cobalah untuk mengelola tingkat stres melalui yoga, meditasi, dan olahraga," saran Dr. Nyla. "Stres meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, mengganggu keseimbangan hormon dan depleting nutrients which help to control acne."

- Cara mengatasi jerawat hormonal
Jika jerawat hormonal sudah terlanjur terbentuk, masih ada cara untuk mengobatinya. "Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk, penting untuk menjaga kulit tetap bersih, jadi minyak tidak akan menumpuk. Asam salisilat adalah bahan yang sempurna untuk ini."

Asam salisilat mampu mengelupas permukaan kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan produk yang mengandung asam atau eksfoliator karena hal dapat memperparah kondisi kulit dan membuatnya memproduksi lebih banyak minyak.

Asam Azelaic yang diproduksi oleh kulit secara alami juga dapat membantu menjaga keseimbangan kondisi kulit. Tersedia pula krim yang mengandung bahan aktif ini di pasaran. Jika kamu menderita jerawat di sekitar dagu dan rahang, cukup gunakan krim wajah ini di daerah yang berjerawat dan oleskan pelembap biasa di bagian kulit yang lain. [tsr]









Sumber : merdeka.com

https://www.merdeka.com/gaya/jerawat-saat-haid-ini-cara-ampuh-untuk-mencegah-mengatasinya.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jerawat saat haid? Ini cara ampuh untuk mencegah & mengatasinya

0 comments:

Post a Comment