--> Resep Nasi Bakar Ati Ampela | Informasi Viral Bermanfaat

Tuesday, June 6, 2017

Resep Nasi Bakar Ati Ampela

| Tuesday, June 6, 2017
Resep Nasi Bakar Ati Ampela

Resep Nasi Bakar Ati Ampela
Resep Nasi Bakar Ati Ampela
Nasi putih, berat kira-kira 1000 gram
250 gram hati + ampela ayam, potong dadu (jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saya pakai yang sudah matang dan sudah berbumbu)
100 gram ikan teri, cuci tiriskan dan goreng. (Sesuaikan juga jumlahnya dengan kebutuhan)
4 butir bawang merah, iris tipis
3 butir bawang putih, keprak, cincang halus
5 butir cabai rawit, iris serong tipis
2 cm jahe, pipihkan
3 cm lengkuas, pipihkan
2 batang serai, pipihkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 cm kunyit, iris serong memanjang
2 batang daun bawang, potong melintang kasar
1 ikat kecil daun kemangi, ambil pucuk muda dan daunnya.
¼ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh terasi bakar, haluskan dengan 1 sendok makan air
1 sendok teh kaldu bubuk
Garam dan gula secukupnya. (hati-hati jika menggunakan teri medan, karena rasanya yang asin jadi sebaiknya garam diberikan setelah teri tercampur ke dalam nasi)
2 sendok makan minyak untuk menumis
10 lembar daun pisang untuk membungkus


Cara Membuat Nasi Bakar Spesial

1. Panaskan minyak di penggorengan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cabai, jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, kunyit, tumis hingga semua bumbu layu.
2. Kemudian masukkan ampela+hati dan ikan teri, aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu, masukkan merica bubuk, kaldu bubuk, gula, terasi dan 100 ml air. Masak hingga air sedikit menyusut. Masukkan daun bawang, aduk-aduk hingga layu. Angkat.
3. Di mangkuk besar, campur nasi dengan tumisan dan teri goreng hingga tercampur rata. Buang daun salam, lengkuas dan jahe. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Masukkan setengah kemangi ke adonan nasi, aduk rata.
4. Siapkan daun pisang untuk membungkus. Supaya mudah membungkus adonan nasi dengan daun pisang, saya biasanya memasukkan daun yang masih segar ke dalam kukusan yang panas sebentar saja hanya agar daun layu. Atau bisa juga dijemur di bawah terik matahari.
5. Ambil 2 lembar daun, gunting pangkal daun yang keras supaya mudah membungkusnya. Tumpukkan daun menjadi satu. Letakkan bagian daun sebelah atas dengan sisi hijau menghadap ke atas. Tekan agar agak padat.
6. Hiasi dengan satu butir cabai rawit dan beberapa lembar daun kemangi.
7. Bungkus seperti hendak membuat pepes. Semat dengan tusuk gigi atau lidi (saya pakai stepler). Gunting kedua ujung bungkusan daun supaya rapi.
8. Lakukan hingga adonan nasi habis, kemudian kukus selama + 20 menit. Angkat.
9. Bakar nasi diatas wajan yang diolesi minyak. Saya lebih suka menggunakan pembakar dari besi yang dijepit (biasa saya gunakan untuk membakar sate dan ikan juga). Bakar hingga kedua sisi terlihat kehitaman dan wangi.
10. Hidangkan hangat-hangat.



Related Posts

No comments:

Post a Comment