--> Tepung Terigu Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Ini Alasannya | Informasi Viral Bermanfaat

Monday, July 10, 2017

Tepung Terigu Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Ini Alasannya

| Monday, July 10, 2017

Tepung Terigu Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Ini Alasannya




Tepung Terigu (Foto: Thinkstock)
Masalah kesehatan perut umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam perut. Bakteri pun bisa muncul darimana saja, terutama makanan yang merupakan objek paling mudah untuk dihinggapi bakteri.
Kamu mungkin berpikir jika makanan basah lebih rentan terkena bakteri. Tetapi rupanya, bahan makanan kering seperti tepung juga bisa terjangkit bakteri seperti E.coli, lho.
Hasil temuan ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh US Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Dalam penelitian tersebut menunjukkan jika mengonsumsi makanan yang masih mentah atau belum matang sempurna bisa terkontaminasi bakteri E.coli, tak terkecuali tepung terigu.


Tepung Terigu (Foto: Thinkstock)
Penyakit diare, muntah-muntah, demam dan bahkan muncul darah di feses tak bisa terelakkan jika bakteri E.coli sudah masuk ke dalam perut.
Dilansir Metro, para peneliti dari Public Health Agency of Canada melaporkan hasil temuan mereka yang menunjukkan jika sebanyak 30 orang jatuh sakit akibat bakteri tersebut pada November 2016 sampai April 2017.
Kejadian ini merupakan kejadian yang sangat mengerikan. Hal tersebut mengingat gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tepung terigu baru pertama kali terjadi di Amerika.


Bukan kali pertama para peneliti melarang untuk mengonsumsi tepung mentah atau yang belum matang sempurna. Namun, baru-baru ini FDA (Food and Drug Administration) telah mengingatkan masyarakat untuk tidak memakan adonan cookies.


Adonan Kukis (Foto: Thinkstock)
Lalu, kenapa tepung sangat berbahaya jika dimakan saat masih mentah?
Tepung berasal dari sebutir gandum dan biasanya proses pengolahan gandum menjadi tepung masih menyisakan bakteri yang terkandung karena proses ini tidak mampu membunuh bakteri secara langsung.
Dan kemungkinan seekor binatang yang membuang kotorannya di sekitar area gandum membuat tumbuhan gandum bisa tercemar dengan mudah.
Tak hanya E.coli, penelitian juga menunjukkan jika bakteri Salmonella juga bisa hinggap pada tepung terigu dan menyebabkan keracunan makanan.
Jadi, untuk menghindari gangguan kesehatan terjadi, baik FDA atau CDC mengimbau masyarakat agar selalu mencuci tangan mereka sebelum memegang makanan dan juga tidak mengonsumsi adonan kue yang belum dipanggang atau bahkan mencicipi adonan kue yang belum matang.









sumber : kumparan.com
https://kumparan.com/luthfa-nurridha1487566251351/tepung-terigu-bisa-sebabkan-keracunan-makanan-ini-alasannya

Related Posts

No comments:

Post a Comment