--> MUSLIMAH.. Berkerudung Tapi Rambut Tetap Sehat.. INI DIA TIPS nya... | Informasi Viral Bermanfaat

Saturday, October 1, 2016

MUSLIMAH.. Berkerudung Tapi Rambut Tetap Sehat.. INI DIA TIPS nya...

| Saturday, October 1, 2016
MUSLIMAH.. Berkerudung Tapi Rambut Tetap Sehat.. INI DIA TIPS nya...
MUSLIMAH.. Berkerudung Tapi Rambut Tetap Sehat.. INI DIA TIPS nya...

Rambut adalah mahkota bagi perempuan yang tentunya harus dijaga dengan baik, termasuk bagi Muslimah yang senantiasa menutupinya dengan kerudung saat keluar rumah. Biasanya Muslimah berkerudung seringkali menemui masalah pada rambutnya tetapi bukan berarti penyebabnya adalah kerudung ya. Bisa saja ini hanya karena kurangnya perawatan pada rambut.
Untuk meminimalisir kerusakan rambut, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan,
1. Rambut dalam keadaan kering
Setelah keramas, sebaiknya Anda tidak langsung menutupinya dengan kerudung. Kondisi kepala dan rambut yang masih basah memungkinkan tumbuhnya bau tak sedap, ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala. Tak hanya itu, rambut yang basah cenderung lebih mudah rontok karena terlalu banyak gesekan. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut jika Anda dalam kondisi terburu-buru namun jangan terlalu dekat penggunaannya karena panasnya justru bisa merusak rambut. Rambut basah bisa juga dikeringkan dengan kipas angin.
2. Pilih bahan kerudung yang menyerap keringat
Tidak bisa dipungkiri, mengenakan kerudung dapat menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menjadi berkeringat. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan memilih jenis bahan yang dapat menyerap keringat seperti bahan kaus atau katun. Jika pun menggunakan bahan lain, kita bisa mensiasati dengan menggunakan kerudung dalam atau biasa disebut ciput yang berbahan kaus.
3. Jangan menggunakan kerudung terlalu berlapis-lapis
Menggunakan kerudung dengan berlapis lapis dapat menghambat sirkulasi udara pada rambut sehingga membuat rambut kegerahan. Baiknya pilih kerudung yang tidak terlalu tebal namun juga tidak membuat transparan.
4. Jangan ikat rambut terlalu kencang
Memiliki rambut yang panjang bagi wanita yang berkerudung memang sebaiknya diikat agar tidak mengganggu. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah. Dan ingat ya, jangan ikat rambut terlalu tinggi sehingga membuatnya menyerupai punuk unta apalagi sengaja menggunakan kerudung dalam yang memiliki benjolan di belakangnya seolah rambut sedang digelung.
5. Keramas teratur
Biasakan keramas teratur dua hari sekali dengan mengenali shampoo yang tepat untuk jenis rambut Anda agar hasilnya maksimal. Menjaga kebersihan dengan baik bisa memperkecil resiko kerusakan kulit kepala dan rambut Anda.
6. Istirahatkan rambut
Jika tidak sedang mengenakan kerudung, sebaiknya Anda mengistirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan munculnya ketombe.
7. Konsumsi makanan rendah lemak
Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.
Demikian tipsnya, semoga bermanfaat. Walaupun berkerudung, rambut juga harus tetap sehat dan bersih ya Sahabat ...

Related Posts

No comments:

Post a Comment